IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS HINDU DALAM MEMBANGUN HARMONI DI ERA DISRUPSI SOSIAL

Authors

  • I Wayan Rudiarta Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Keywords:

Pendidikan, Moderasi, Toleransi, Ajaran Hindu

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap konsep ajaran hindu dalam membangun kesadaran multikultural di era disrupsi sosial. Fenomena tersebut berkaitan dengan realitas bangsa Indonesia yang memiliki tingkat pluralitas sosial relatif tinggi. Berkenaan dengan itu perlu dilakukan pengelolaan terhadap pluralitas sosial tersebut dalam rangka mewujudkan kesadaran multikultur yang direpresentasikan oleh terbangunnya harmoni sosial. Penulisan artikel ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur/pustaka. Hasil kajian dalam tulisannya ini adalah bahwa membangun moderasi beragama di era disrupsi memiliki tantangan yang cukup serius, sehingga pendidikan, baik pendidikan agama maupun pendidikan keagamaan bisa dijadikan wahana untuk memberikan penanaman moderasi beragama sejak dini guna membangun peradaban yang multikultur. Konsep “the harmony of gamelan” menjadi konsep yang bisa dijadikan acuan dengan disertai penerapan konsep-konsep ajaran Hindu sebagaimana yang tertuang dalam kitab Sarasamuccaya, Bhagavad Gita, ajaran Tri Kaya Parisudha, Tri Hita Karana, dan Catur Paramita.

References

Anonim. “Ini Kronologi Pembakaran Masjid di Tolikara” dalam

https://republika.co.id/berita/nrmprs/ini-kronologi-pembakaran-masjid-di-tolikara. 2015.

Anonim. “Gereja Dibakar di Aceh Singkil, Inilah Dugaan Penyebabnya” dalam

https://nasional.tempo.co/read/709143/gereja-dibakar-di-aceh-singkil-inilah-dugaanpenyebabnya.

Faisal, Muhammad. "Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama Di Era Digital." In

ICRHD: Journal of Internantional Conference on Religion, Humanity and Development,

vol. 1, no. 1, pp. 195-202. 2020.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Akhmadi, Agus. "Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia." Inovasi-Jurnal

Diklat Keagamaan 13, no. 2. 45-55. 2019.

Debora, Yantina. “Kronologi Kasus Dugaan Penistaan Agama” dalam

https://tirto.id/kronologi-kasus-dugaan-penistaan-agama-b457. 2016.

Republik Indonesia. “Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024”.

Triguna, Ida Bagus Gde Yudha. “Catur Marga Yoga Kontribusi Hindu Dalam Moderasi

Beragama” Prosiding Seminar Nasional Rekonstruksi Nilai-NIlai Kearifan Peradaban

Hindu Nusantara, pp. 71-83. 2019.

Casram, Casram. "Membangun sikap toleransi beragama dalam masyarakat

plural." Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya 1, no. 2. 187-198. 2016.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan

Agama Dan Pendidikan Keagamaan. 2007.

Donder, I Ketut. “Esensi Gamelan dalam Prosesi Ritual Hindu”. Surabaya: Paramita.

Anwar, Chairul. “Teori-Teori Pendidikan: Klasik hingga Kontemporer”. Yogyakarta:

IRCISoD. 2017.

Nurdin, Ali, and Maulidatus Syahrotin Naqqiyah. "Model Moderasi Beragama Berbasis

Pesantren Salaf." Islamica: Jurnal Studi Keislaman 14, no. 1. 82-102. 2019.

Prosiding Seminar Nasional Moderasi Beragama STHD Klaten Tahun 2020 | 50

Wijana, I Nyoman. 2019. “Catur Marga Yoga Kontribusi Hindu Dalam Moderasi

Beragama” Prosiding Seminar Nasional Rekonstruksi Nilai-NIlai Kearifan Peradaban

Hindu Nusantara,1-15. 2019.

Suweta, I. Made. "Ajaran Toleransi Dan Pendidikan Multikultur Dalam Lontar

Bubuksah." Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya 2, no. 2. 1-

2020.

Sudharta, Tjok Rai. “Saramuccaya Smerti Nusantara”. Surabaya: Paramita. 2009.

Prabhupada, Sri Srimad A.C. Bhaktivedanta Svami. “Bhagavad Gita Menurut Aslinya”.

Banten: Hanuman Sakti. 2006.

Wiana, Ketut. “Tri Hita Karana Menurut Konsep” Surabaya: Paramita. 2007

Suhardana, K.M. “Catur & Sad Paramita: Jalan Menuju Keluhuran Budi”. Surabaya:

Paramita. 2009.

Downloads

Published

2021-01-15

How to Cite

I Wayan Rudiarta. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS HINDU DALAM MEMBANGUN HARMONI DI ERA DISRUPSI SOSIAL. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah, 1(1), 39-50. Retrieved from http://prosiding.sthd-jateng.ac.id/index.php/psthd/article/view/28