POLA ASUH DALAM PENUMBUHKEMBANGAN KARAKTER TOLERANSI ANAK USIA DINI DILINGKUNGAN MINORITAS

Authors

  • Ida Bagus Alit Arta Wiguna Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Keywords:

Kata kunci : Pola Asuh, Karakter Toleransi, toleransi, minoritas.

Abstract

Karakter toleransi penting untuk tumbuhkembang anak usia dini maka peneliti akan meneliti apakah benar penumbuhkembang karakter toleransi dilakukan oleh semua orang tua. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua beragama Hindu dalam penumbuhkembangan karakter toleransi anak usia dini ditengah lingkungan mayoritas masyarakat beragama Islam. Ditemukan hasil penelitian tentang bentuk pola asuh orang tua dalam penumbuhkembangan karakter anak usia dini di Dusun Rendang Bajur. Bentuk pola asuh yang lebih dominan diterapkan oleh orang tua dalam penumbuhkembangan karakter anak usia dini adalah bentuk pola asuh demokratis, pola asuh permisif dan bentuk pola asuh otoriter. Pertama kognitif, mengisi otak, mengajari dari tidak tahu menjadi tahu dan pada tahap berikutnya dapat membudayakan akal pikiran. Kedua afektif, yang berkenaan dengan perasaan, simpati, empati, mencintai dan membenci. Ketiga psikomotorik,berkenaan dengan tindakan dan perbuatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pola asuh orang tua untuk menumbuhkembangkan karakter toleransi anak usia dini seperti pada umumnya tanpa membedakan ras, suku maupun Agama. Dalam pola asuh untuk penumbuhkembangan karakter toleransi anak sejak dini seperti Tri Hita Karana dan Tat Tvam Asi.

References

I. K. Sudarsana, “Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan

Alam Terbuka,” Inst. Hindu Dharma Negeri Denpasar Email

iketutsudarsana@ihdn.ac.id Abstr., 2016.

T. Lickona, “Religion and character education,” Phi Delta Kappan, 1999.

T. Lickona, “What is Effective Character Education?,” Pap. Present. Stony Brook

Sch. Symoposium Character, 2001.

Dalmeri, “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter,” Al Ulum, 2014.

S. Rosada, D. Hildayatni, F. Muslimah, and H. Aruni, “PELATIHAN MODEL

PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PADA IBU RUMAH TANGGA MELALUI

BADAN KONTAK MAJLIS TA’LIM,” PKM-P, 2018, doi: 10.32832/pkmp.

v2i1.200.

P. D. Sugiyono, metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. 2016.

N. M. Arini, “Swadharma grihastha asrama on educating children toward Hindu

families,” Int. J. Soc. Sci. Humanit., 2019, doi: 10.29332/ijssh.v3n3.339.

Ni Komang Sutriyanti, “Karakteristik Keluarga Hindu Di Desa Bayunggede

Provinsi Bali ,” Relig. J. Stud. Agama-agama dan Lintas Budaya , 2019.

S. Ketut, “APRESIASI ESTETIKA DAN ETNIS MULTIKULTUR DI

INDONESIA: MENCEGAH DISHARMONI, MENJAGA KEBERTAHANAN

NKRI,” Mudra (JURNAL SENI BUDAYA), 2007.

J. W. Santrock, “Masa Perkembangan Anak: Children,” 2. 2011.

Permendikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik

Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan

Menengah,” J. Chem. Inf. Model., 2016, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Budiyono and Y. Harmawati, “Penguatan pendidikan karakter melalui nilai-nilai

keteladanan guru dan orang tua pada siswa Sekolah Dasar,” Pros. Semin. Nas.

PPKn III, 2017.

W. Wulandari, Zikra, and Yusri, “Peran orangtua dalam disiplin belajar siswa,” J.

Penelit. Guru Indones., 2017.

D. Dalmeri, “PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER (Telaah

terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character),” Al-Ulum J.

Stud. Islam, 2014.

C. Pamungkas, “TOLERANSI BERAGAMA DALAM PRAKTIK SOSIAL: Studi

Kasus Hubungan Mayoritas dan Minoritas Agama di Kabupaten Buleleng,”

Epistemé J. Pengemb. Ilmu Keislam., 2014, doi: 10.21274/epis.2014.9.2.285-316.

I. W. Sukarma, “Tri Hita Karana: Theoretical Basic of Moral Hindu,” Int. J.

Linguist. Lit. Cult., 2016, doi: 10.21744/ijllc.v2i3.230.

I. N. Yoga Segara, “HINDU SPIRITUAL GROUPS IN INDONESIA AND

THEIR ACTIVE ROLES IN MAINTAINING HARMONY,” Anal. J. Soc. Sci.

Relig., 2018, doi: 10.18784/analisa.v3i1.608.

Downloads

Published

2021-01-15

How to Cite

Ida Bagus Alit Arta Wiguna. (2021). POLA ASUH DALAM PENUMBUHKEMBANGAN KARAKTER TOLERANSI ANAK USIA DINI DILINGKUNGAN MINORITAS. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah, 1(1), 119-129. Retrieved from http://prosiding.sthd-jateng.ac.id/index.php/psthd/article/view/36