ETIKA GLOBAL BHAGAVAD-GĪTĀ DALAM PERSPEKTIF ETIKA HANS KUNG

Authors

  • Puspo Renan Joyo

Keywords:

Bhagavad-gītā, etika global

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki kompleksitas kebudayaan, dan keragaman agama. Pada kenyataannya, keragaman agama tidak hanya menghadirkan keunikan dan kerjasama, tetapi juga konflik keagamaan yang lahir dari sikap eksklusifisme, radikalisme dan politik identitas. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan gagasan non-kekerasan, solidaritas, toleransi dan kesetaraan yang ada di dalam Bhagavad-gītā. Analisa terhadap kajian ini menggunakan teori etika global dari pemikiran Hans Kung. Teori ini berkontribusi dalam melihat pentingnya nilai non-kekerasan, solidaritas, toleransi, dan kesetaraan dalam mewujudkan perdamaian agama-agama. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa Bhagavad-gītā memiliki gagasan penting tentang moral non-kekerasan sebagai keutamaan dari pengetahuan, sifat mulia, wujud kesadaran dan pengendalian diri (tapa). Pada aspek solidaritas dan aktualisasi kebenaran, Bhagavad-gītā menawarkan nilai „Lokasamgraha‟ dan „dharma‟ sebagai basis moral dalam tindakan sosial. Berkaitan dengan dialektika toleransi dan kesetaraan, secara implisit, hal ini digambarkan dengan kemerdekaan dalam pilihan iman bagi setiap individu, dimana pada wilayah isoterik keragaman itu melebur dalam kualitas yang serupa, kemanunggalan. Pada akhirnya, hasil kajian ini diharapkan menjadi referensi dalam wacana perdamaian agama di Indonesia.

References

Koentjaraningrat, Kebudayaan, mentalitas dan pembangunan. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama, 2004.

J. S. Furnivall, Netherlands India: A Study of Plural Economy. Cambridge:

Cambridge University Press, 2010.

J. D. Brewer, G. I. Higgins, and F. Teeney, “Religion and peacemaking: A

conceptualization,” Sociology, 2010, doi: 10.1177/0038038510381608.

H. Coward and G. S. Smith, Religion and peacebuilding. 2004.

M. Tajuddin, A. Mohd. Sani, and A. Yeyeng, “Berbagai Kasus Konflik di

Indonesia: Dari Isu Non Pribumi, Isu Agama, Hingga Isu Kesukuan,”

Sulesana, 2016.

S. Harahap, “Konflik Etnis Dan Agama Di Indonesia,” J. Ilm. Sosiol.

AGAMA, 2018, doi: 10.30829/jisa.v1i2.5096.

A. W. Muqoyyidin, “POTRET KONFLIK BERNUANSA AGAMA DI

INDONESIA (Signifikansi Model Resolusi Berbasis Teologi

Transformatif),” Anal. J. Stud. Keislam., 2012.

M. Juergensmeyer, Terror in the Mind of God: The Global Rise of

Religious Violence, Fourth Edition. Oakland, California: University of

California Press, 2017.

M. McLuhan, Understanding Media: Extension of A Man. London: The

MIT Press, 1994.

N. Christie, “The Global Village,” Aust. N. Z. J. Criminol., vol. 29, no. 2,

pp. 195–199, 1996, doi: 10.1177/000486589602900209.

T. Siburian, “Prinsip Etika Global untuk Kota Modern Multikultural,” Soc.

Dei J. Agama dan Masy., vol. 2, no. 1, p. 209, Oct. 2017, doi:

33550/sd.v2i1.60.

M. Harjuna, “Dialog Lintas Agama dalam Perspektif Hans Kung,” Living

Islam J. Islam. Discourses, vol. 2, no. 1, p. 55, Jun. 2019, doi:

14421/lijid.v2i1.1694.

K. Husin, “Etika Global; Sumbangan Hans Kung DALAM dialog ANTAR

agama,” Toler. Media Ilm. Komun. Umat Beragama, vol. 1, no. 2, pp. 248–

, 2009, doi: 10.24014/trs.v1i2.455.

R. L. Meo, “SUMBANGAN ETIKA GLOBAL HANS KÜNG DEMI

TERWUJUDNYA PERDAMAIAN DAN RELEVANSINYA BAGI

INDONESIA,” J. Ledalero, vol. 18, no. 1, p. 103, Jun. 2019, doi:

31385/jl.v18i1.157.103-122.

H. Sholihan, “Declaration Toward A Global Ethic of the Parliament of the

World‟s Religions and Building World Peace,” TEOLOGIA, vol. 23, no. 1,

pp. 37–56, 2012.

H. Küng and K.-J. Kuschel, Global Ethic: The Declaration of the

Parliament of the World’s Religions , Deluxe. New York: Continuum,

H. Kung and K.-J. Kuschel, Etika Global. Yogyakarta: Pustaka Belajar.,

A. C. Latuheru, I. Y. M. Lattu, and T. R. Tampake, “Pancasila Sebagai

Teks Dialog Lintas Agama dalam Perspektif Hans-Georg Gadamer dan

Hans Kung,” J. Filsafat, vol. 30, no. 2, p. 150, Aug. 2020, doi:

22146/jf.49193.

H. Kung, A Global Ethic for Global Politics and Economics. New York:

Oxford University Press, 1998.

A. C. B. S. Prabhupada, “Bhagavad-gita As It Is in,” The Bhaktivedanta

Book Trust International, Inc. All rights reserved., 2006.

https://vedabase.io/en/library/bg/3/25/.

A. Krishna, Bhagavad-Gītā. Jakarta: Pusat Studi Veda & Dharma, 2018.

A. Pandey and A. V. Navare, “Paths of Yoga: Perspective for Workplace

Spirituality,” in The Palgrave Handbook of Workplace Spirituality and

Fulfillment, Springer International Publishing, 2018, pp. 1–27.

P. Valdina, “ The Yoga Sutra of Patanjali : A Biography. By David Gordon

White ,” J. Hindu Stud., p. hiw029, Jan. 2017, doi: 10.1093/jhs/hiw029.

S. S. Linder, The Yoga: In The Philosophical and Theological Teachings of

the Padmasamhita. Verlag der österreichischen Akademie der

Wissenschaften, 2017.

G. J. Larson, “Pātañjala yoga‟s theory of „many-lives‟ through karma and

rebirth and its eccentric „theism,‟” Religions, vol. 9, no. 1, Jan. 2018, doi:

3390/rel9010004.

P. R. Joyo, “Mengenal Mahatma Gandhi Dan Ajarannya,” Dharma Duta,

vol. 17, no. 1, 2019.

P. R. Joyo, “Loka Samgraha : Hindu Philosophical Foundation of Social

Behaviors in Indonesia New Normal Era,” in New Normal : Idealism and

Implementation in Indonesia and The Philippines, Kadek Aria Prima Dewi

PF, Ed. Denpasar: Jaya Pangus Press, 2020, pp. 421–445.

S. P. Agarwal, The Social Role of Gita: How & Why. New Delhi,

India: Motilal Banrsidass Publishers Pvt. Ltd, 1997.

S. K. Chakraborty, Ethics in Cooperatives: In Search of a Theory,

Rediscovering Cooperation. India: Institute of Rural Management, 1996.

J. Dowd, “Maximizing Dharma: Krsna‟s Consequentialism in the

Mahabharata,” Praxis (Bern. 1994)., vol. 3 No.1, 2011, [Online].

Available: https://philpapers.org/rec/DOWMDK.

P. R. Joyo, “Wacana Keragaman Eksoteris dan Kemanunggalan

Transenden dalam Hinduisme (Tinjauan Filsafat Perennial),” in Beragama

dalam Damai, Denpasar: Jayapangus Press, 2020, pp. 145–183.

J. D. Long, “Universalism in Hinduism,” Relig. Compass, vol. 5, no. 6, pp.

–223, Jun. 2011, doi: 10.1111/j.1749-8171.2011.00280.x.

S. S. Subramuniyaswami, Dancing with Shiva: Hinduism’s Contemporary

Catechism. Hawaii: Himalayan Academy, 1997.

S. S. Sivananda, All About Hinduism. Uttar Pradesh, India: The Divine Life

Society, 1997

Downloads

Published

2021-01-15

How to Cite

Renan Joyo, P. (2021). ETIKA GLOBAL BHAGAVAD-GĪTĀ DALAM PERSPEKTIF ETIKA HANS KUNG. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah, 1(1), 1-13. Retrieved from https://prosiding.sthd-jateng.ac.id/index.php/psthd/article/view/16