UPAYA MENJADIKAN PRAMBANAN SEBAGAI DESTINASI UNGGULAN MELALUI PENGEMBANGAN CULTURAL TOURISM DI KAWASAN CANDI PRAMBANAN
Keywords:
Kata Kunci: Candi Prambanan, wisata, budaya, festival, destinasiAbstract
Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam, hal ini menjadi daya saing tinggi manakala berkompetisi dengan negara lainnya, karena budaya merupakan salah satu kekuatan diplomasi Indonesia dimata internasional. Salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia dan merupakan salah satu warisan budaya terbesar adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar yang memiliki lansekap budaya dan spiritual tinggi. Tingkat kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan setiap tahun selalu meningkat. Beragam atraksi baik kalam, budaya dan minat khusus dikemas dan disajikan bagi wisatawan yang dating ke Prambanan. Landscape Candi Prambanan merupakan daya tarik utama, di samping itu pagelaran sendratari Ramayana juga menjadi magnet utama kunjungan wisata ke Candi Prambanan. Pagelaran sendratari diselenggarakan di panggung terbuka dan panggung tertutup hampir setiap hari. Beragam kegiatan pameran dan festival juga dilakukan untuk menarik kunjungan wisata. Namun upaya menjadikan Prambanan sebagai pusat festival budaya belum ada, padahal potensi dan kekuatan utama Candi Prambanan terletak pada daya saing budaya dan keragaman potensi budaya yang dimiliki. Oleh karena itu melalui Prambanan Culture Festival diharapkan mampu menjadikan prambanan sebagai destinasi unggulan yang berbasis wisata budaya/cultural tourism.References
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktek. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Bina
Aksara Basu Swasta
Economic Impact, Global Heritage Tourism Revenues in Developing
and Emerging Countries and Regions, 2014.
H. Oka A. Yoeti,1997. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata
Penerbit PT. Pradnya Paramita (cetakan pertama), Jakarta.
H. Kodhyat. 1998. Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di
Indonesea. Jakarta.
J. Supranto, 1997, Metode Riset, Aplikasi Dalam Pemasaran, Fakultas
Ekonomi,UI
Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, CV Alfabeta, Bandung
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.
Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulis dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).